Rabu, 21 Januari 2015

Istilah Black Box

Zaman Sekarang, Sering kali terjadi kecelakaan pesawat terbang yang menyebabkan banyaknya korban jiwa. Dengan demikian pihak keluarga tentu perlu tahu apa yang menyebabkan kecelakaan terjadi. Daripada itu kita harus menemukan benda yang disebut "Black Box".

Lalu apa arti dari Black Box ? ,dan apa fungsinya ? .Untuk mengetahuinya mari kita simak hal yang satu ini....

Black Box atau kotak hitam adalah alat yang ditemukan oleh Dr.David Warren seorang ahli ledakan dari Australia.Dia mendapat ide untuk membuat alat ini dari Maraknya kecelakaan pesawat yang terjadi dan menyebabkan sulitnya mencari informasi tentang pesawat tersebut.

Alat ini adalah perkembangan dari tape recorder (alat perekar suara) dan akhirnya menjadi Black Box setelah beberapa pencanggihan.
alat ini berfungsi untuk merekam pembicaraan antara pilot dan Air Traffic Control (ATC) Serta mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan berlangsung.

Black Box Biasanya berada di bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat.Disetiap pesawat biasanya terdapat 2 buah Black box. Alat ini tidak benar benar bewarna hitam,tetapi berwarna orange agar mudah ditemukan.

Asal Istilah Black Box didapat ketika selepas pertemuan mengenai perekam penerbangan komersial pertama yang dinamai "Red Egg" karena warna dan bentuknya, seseorang berkomentar: "Ini adalah kotak hitam yang menakjubkan". Kotak hitam adalah istilah yang lebih humoris dan hampir tidak pernah digunakan dalam industri keselamatan penerbangan. Karena itu istilah tersebut digunakan secara tidak sengaja.

Setelah membaca hal diatas, tentunya kalian dapat mengetahui dasar dasar dari alat Black box ini...Selain itu ,terima kasih telah mampir ke blog kecil saya ini.Saya ucapkan terima kasih ^_^.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar